Thursday, February 19, 2009

Meng-attach Database SQL Server Tanpa Disertai Log File

Sumber : http://www.geocities.com/s_udirman

Database pada SQL Server terdiri dari dua file yaitu file datanya (yang disimpan dengan ekstensi .MDF) dan file log-nya (yang disimpan dengan ekstensi .LDF). Jika kita meng-attach suatu database melalui Enterprise Manager maka perlu menyertakan kedua file tersebut. Bagaimanakah jika kita hanya memiliki file .MDF nya saja?
Caranya mudah sekali, pada SQL Server terdapat stored procedure sp_attach_single_file_db. Stored procedure ini memang digunakan untuk meng-attach database yang hanya file data-nya saja (.MDF nya saja). Stored procedure ini memiliki dua buah parameter yaitu @dbname dan @physname. Parameter @dbname digunakan sebagai nama database yang hendak di-attach ke server sedangkan parameter @physname adalah nama fisik database (.MDF nya) termasuk path nya.
Sintaks dari stored procedure ini adalah sebagai berikut:
sp_attach_single_file_db [ @dbname = ] 'dbname', [ @physname = ] 'physical_name'
Pada saat Anda menjalankan stored procedure ini disertai dengan database yang hendak Anda attach maka secara otomatis SQL Server akan membuat file log (.LDF) yang baru. Cara ini juga banyak digunakan oleh orang lain untuk memperkecil ukuran dari log file SQL Server.
Berikut ini adalah contoh penggunaan stored procedure sp_attach_single_file_db. Misalnya Anda memiliki database yang bernama db_databarang dengan nama file fisik c:\sqlsvr\data\databrg.mdf. Maka perintah untuk meng-attach database tersebut adalah seperti di bawah ini.
sp_attach_single_file_db @dbname = 'db_databarang', @physname = 'c:\sqlsvr\data\databrg.mdf'
Demikianlah tips singkat seputar SQL Server ini. Semoga bermanfaat bagi Anda semua. Special thanks to Esa Ivani for love and support. Segala macam kritik dan saran bisa dikirimkan melalui sony-ak@sony-ak.com. Untuk melihat tulisan menarik lainnya silakan kunjungi http://www.sony-ak.com/.
Terimakasih.

4 comments:

mantugaul said...

oom, saya ada file mdf dan ldf yg dikopi dari komputer lain...gimana cara buka file mdf dan ldf di komputer saya? thanks

Mutakin Bakti said...

Instal dulu sql server baru nanti di attach filenya

dhifa said...

jalankan store procedure-nya dari mana mas??? maklum newbi. trims buanggett atas kebaikannya.

test said...

Terima kasih Bapak , akhirnnya customer saya gak jadi input ulang selama 2 bulan ..